Sabtu, 25 Juni 2016

The Duke and I by Julia Quinn [review]

Title: The Duke and I (Bridgerton #1)
Author: Julia Quinn
384 pages, e-book version
First published: 2000
Language: English
Genre: Historical Romance
My rating: 4/5

"Men are sheep. Where one goes, the rest will soon follow."
Simon Basset sang Duke of Hastings yang baru, akhirnya kembali ke London setelah berkelana ke berbagai negara. Dia kembali tak lama setelah ayahnya meninggal dan bertepatan dengan London Season (musim perjodohan di London). Simon tidak berencana kembali ke 'society' secara resmi karena dia sudah bersumpah bahwa darah Basset akan mati dengan dirinya, yang artinya dia berencana tidak akan menikah dan memiliki keturunan.

Simon terkenal sebagai 'rake' beserta sahabatnya Anthony Bridgerton. (Istilah rake sekarang lebih mirip ke istilah playboy. Pria yang suka main perempuan--pada masa itu digambarkan 'sering menyimpan Mistress). Dia hampir saja merayu gadis yang tidak sengaja ditemuinya, sebelum menahan diri karena tahu bahwa gadis itu merupakan adik perempuan Anthony yang bernama Daphne Bridgerton (ini sih karena Bro Code terkenal yang menyatakan Thou Shalt Not Lust After Thy Friend's Sister. Saya agak heran juga, apakah Bro Code ini memang sudah ada dari tahun 1813? Entahlah...)

Singkat kata, mereka (Simon dan Daphne) merasa nyaman bercanda dan berbincang-bincang sejak pandangan pertama. Ditambah lagi posisi Simon yang sedang menghindari para wanita, dan Daphne yang sedang mencari calon suami namun tidak bayak yang datang melamar, membuat mereka memutuskan untuk berkonspirasi: Simon berpura-pura mendekati Dahne selama musim ini karena alasan pribadi masing-masing. Tapi tindakan ini justru membuat Anthony marah besar. Ditambah lagi ketertarikan Simon dan Daphne terhadap satu sama lain yang malah membuat keadaan makin runyam.

Ini pertama kalinya saya membaca genre Historical Romance, dan karena pertama kali, saya mencoba mengikuti rekomendasi teman-teman karena untuk urusan HisRom, seri ini jagoannya. Saya memang merasa sangat terhibur saat membaca ini. Beberapa kali saya bahkan sampai terpingkal-pingkal karenanya. Memang sih, ada beberapa hal yang lumayan cheesy dan gampang ditebak, seperti misalnya reaksi Anthony saat mengetahui hubungan Daphne-Simon, juga reaksi Daphne saat menghadapi pertikaian Anthony-Simon yang terasa sangat antiklimaks, juga reaksi Simon terhadap masa lalunya yang, meskipun mudah diprediksi, terasa sangat lebay.

Lepas dari itu, karena buku ini menurut saya cukup "lumayan" sebagai buku HisRom pertama yang saya baca, saya beri bintang 3,5. Dibulatkan jadi 4 karena cukup menghibur dengan humor di sana sini. Terlebih karena saya mendapat kesan bahwa novel ini adalah novel yang akan saya baca jika saya sedang "butuh sesuatu yang ringan". Novel yang bisa "membuatmu merasa nyaman" karena konfliknya yaaa standar lah, begitu-begitu saja, jadi tidak membuat yang baca ikut tegang. Semacam buku relaksasi.

Untuk masalah karakter, karakter utama pria di sini sebenarnya sangat "adorable" dan bisa bikin "aaaaawwww" hehehee... rasanya pengen deh ngelus-ngelus rambut Simon dengan sayang, apalagi background masa lalunya itu, membuat tokoh ini lebih berkarakter (meski sedikit lebay). Nah, tokoh Anthony juga lumayan oke sih karena sosok big brother sejati gitu selalu membuat saya meleleh, ngahahaaa...iya alasan say ini nggak objektif ;p
Tapi tapi tapii.... si Daphne ini, meskipun digambarkan sebagai gadis tangguh, namun kok kesannya tangguh-nya nanggung ya.... sepertinya si penulis ingin menggambarkan ketangguhan gadis ini namun eksekusinya kurang sempurna, jadilah menurut saya tokoh Daphne ini "tidak menarik".

Eniwei, buku ini berhasil mengubah pendapat saya yang tadinya menyatakan bahwa "ah, buku hisrom pasti membosankan" menjadi "ooh, bisa juga hisrom lucu. Lumayan juga nih buat selingan kalo lagi bosen yang tegang2"... wahahaa meskipun, kalau harus baca buku model begini terus-terusan ya saya bisa mati bosan sih, heheee....

So, yang memang suka hisrom atau pengen baca hisrom, buku ini rekomended kok, asal nggak keberatan sama sedikit adegan panas di bagian sepertiga terakhir cerita saja, heheee... Dan tambahan lagi, novel ini juga sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan cover seperti ini:


See you in the next post ^_^

5 komentar:

  1. AKU ABIS INI MAU BACA THE DUKE AND I MBAK #NGGAKNYANTE
    Susah ih cari di gramed atau TGA paragon, banyak stok kosong apalagi yang buku seri pertama kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hwahahahaaa..... Mau ebooknya aja, San? ;p

      Hapus
    2. oooosudahpunyadooooong. masih berjuang sama a clash of kings inih. beraat

      Hapus
    3. GoT aku nunggu sason 7 nya aja dech... #nunggutahundepan #nyarimesinwaktunyaDoraemon

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...