Selasa, 22 Agustus 2017

Oh. My. Gods. by Tera Lynn Childs [review]

Title : Oh. My. Gods. (book #1)
Author: Tera Lynn Childs
Genre: Young Adult, Teen, Fantasy, Greek Mythology
Pages: 264
Published: 2008
Format: e-book
My rating : 4/5

"They're pouting," Nicole says, back to her old snarky self just as quickly as she felt.
"They're not pouting," he argues. "They're gods. They don't need to pout." 
(from chapter 5)

Phoebe loves running. She feels closer to her dead father when she's running. It brings back memories of when they used to run together o the beach, with soft and warm sands below their feet.

Everything happened one day in the finish line of the cross-country marathon in California, her home. Phoebe was the first to reach the line...and there she stood next to her bestfriends, her beaming mother, just got back home from Greece two days earlier with a Greek fiance!! This lead to an emotional Phoebe moving to a remote island in Greece to live with her mother and stepfather, and an evil stepsister Stella. And who moved to a new school in a senior year, anyway?

Phoebe's new school, The Academy, was unlike any other schools. It was centuries old, and only accepted one kind of students: descendants of the Greek gods. Eventhough she met new awesome friends and had a crush on the jerk but handsome Griffin, she felt isolated from the world. She didn't fit in because she was different from other students: she was not a descendant of any Greek god. How could she survive a year in this school? She couldn't wait to leave the island and go to university.

This book magically saved me from my prolonged reading slump, hahahaaa..... 

Truthfully, the plot of a school for Greek heroes? It sounds very Percy Jacksony. But despite the similarities, this novel is very different from Percy Jackson because the story is more "girly". It talks a lot about teenage angsts of moving for her senior year, being separated with her BFF, and a crush on a very handsome and popular boy who is kind of a jerk who has a blond and annoying girlfriend. Yeah, not a very original plot. But.... despite all those. I enjoyed this book immensely. Maybe it was more psychological, because I was in a very bad reading slump, so I needed a light reading material to bring me back to the surface. And eventhough the surprise ending is not a surprise for me (I could guess the plot, LOL), I don't think it is a big problem as long as the story is still enjoyable. This book is not a book of full suspense, but this book is a book that can make you feel good after reading it. And when reading this book.... please don't compare this to Percy Jackson because you'll feel disappointed when you do. Enjoy :)

See you in my next post ^_^


Selasa, 01 Agustus 2017

Kopdar BBI Joglosemar di Kota Solo 2017 - LPM

Ki-ka: Ratih, Rien, Cindy, Ina, Lila, Dion, Wahyu, Raafi, Bzee, Ika, Dani-Wardah-Hani, Tezar, Sulis. Yang motret: Alvina
Setelah sekian lama tak muncul di sarang (baca: blog yang sudah lumuten ini), akhirnya saya akhirnya memberanikan diri (halah) menulis Laporan Pandangan Mata (LPM) kopdar BBI Joglosemar ini, karena ditagih banyak orang, hahahaaa.... maafkan saya, divisi membership, saya akan berusaha lebih rajin update mulai saat iniiii #sungkem

Berbulan-bulan sudah para member BBI Joglosemar sudah tak pernah bertemu muka lagi. Akhirnya karena rasa rindu yang teramat dalam (ciyeeee), para member yang sering terkena kutukan TYPO ini memutuskan untuk mengadakan Kopdar di kota Solo pada tanggal 30 Juli 2017, bertepatan dengan hari minggu dan ulang tahunnya Neville Longbottom. Para member yang berasal dari Semarang dan Jogja pun banyak yang memutuskan untuk hadir. Bahkan Raafi dari Jakarta pun datang lhoo...saking kangennya dia dengan mas Dion #kabur

Saya yang sekarang sudah menetap di Purwokerto sebenarnya tidak memutuskan untuk ikut, maklum, jauhhh... hahahaa... eh, ternyata saya malah diundang oleh keluarga tunangan saya yang ada di Solo untuk datang ke nikahan sepupunya pada tanggal 29 Juli, jadi sambil menyelam minum air, rasanya seperti saya memang sudah ditakdirkan untuk ikut kopdar dan bertemu para typoers itu *usap air mata*

Saya berangkat ke Solo naik KA Joglokerto yang meskpun kelas ekonomi dan murah, tapi nyaman dan bagus, dari Stasiun Purwokerto ke stasiun Solo Balapan. Membutuhkan kira-kira 4 jam untuk tiba di Solo. Jam 3:15 sore harinya saya menapakkan kaki di Solo Balapan, dan...sudah langsung harus ke Mangkunegaran untuk dirias karena kondangan itu, untung saya sudah kenyang makan 2 buns roti'o sebelum dirias, LOL (ini info nggak penting banget sumpah).

Mumpung saya jarang dirias model begini, boleh lah yaa...majang foto narsis sama mas cabo (calon bojo), hehee...
Eniwei, acara "jagong" tersebut berlangsung sampai sekitar jam 10 malam, namun jam 11 malam sampai tengah malam, calon adek ipar ngajak nongkrong di Wedhangan, jadilah kami double date sampai lewat tengah malam, heheee... baru deh jam 1 malamnya saya balik ke hotel Keprabon untuk istirahat.

Esoknya, jam 5 pagi, saya sudah menggedor-gedor pintu kamar mbak Lila, mbak Cindy, dan mas Tezar (mereka menginap di hotel yang sama dengan saya) untuk minta Shampoo, karena saya nggak bawa Shampoo dan rambut saya bau hairspray, hahahaaa...untunglah mereka adalah traveler sejati yang selalu bawa shampoo di tas. Jam setengah 7, gantian mereka yang menerobos masuk ke kamar hotel saya untuk mengajak jalan-jalan pagi di Car Free Day (CFD) di Jl. Slamet Riyadi sambil cari sarapan.
Sarapan Kloter 1: Zuppa Soup dan Teh manis hangat
Sarapan kloter 2: Timlo dan es teh tawar (ini narsis sebelum ngemplok makanan)
CFD pagi itu lumayan rame dengan banyak makanan yang membuat kami meneteskan air liur di kanan kiri jalan. Kami akhirnya memutuskan sarapan 2 kali, hahahaaa.... yang pertama, kami sarapan Zuppa Soup dan teh hangat, dan yang kedua, kami sarapan Timlo dan Es teh tawar. Hampir jam setengah 9, kami baru balik ke hotel. Karena masih punya banyak waktu sebelum jam 10 (waktu kopdar), kami masih sempat ngobrol ngrumpi nggak penting tentang adegan slow-motion nggak penting dan wajah kinclong tidak normal di drama korea yang sering bikin kami illfeel pas nonton, LOL.
Penampakan Undangan Kopdar (versi 1)

Hampir jam 10, barulah kami berangkat ke tempat kopdar (a.k.a. Rumah Alvina), kami yang belum pernah ke sana, akhirnya memutuskan untuk naik Go Car dan pakai GPS.
Mbak Cindy dan mas Tezar sibuk mencari taxi
Sambil nunggu taxi go car, tetep narsis donk...
Setelah perjalanan yang nggak memerlukan waktu lama, cuma bayar 12 ribu, namun belok di sana sini sampai kami bingung, sampailah kami di tempat tujuan, Rumah mbak Alvina yang dijadikan basecamp sementara untuk kopdar. Di sana telah menanti rombongan dari Jogja (Hani, Wardah, Mas Dion, Mbak Ina yang membawa dua krucilsnya Yudha dan Puguh, juga Raafi yang memang sedang menginap di Jogja selama beberapa hari), juga tuan rumah member asli Solo: mbak Dani dan Bzee.
Cipika-cipiki pun dimulai, beserta kehebohan video call dengan para member nun jauh di sana yang tidak bisa datang ke acara. Sayangnya saat mbak Desty video call, saya dan rombongan semarang belum datang. Tapi yang paling heboh adalah video call dengan Tamu Agung dari Gorontalo, yaitu Kang Opan.
Perhatikan layar handphone: itulah Kang Opan yang sebenarnya :D
Melalui video call dengan sinyal kacrut itu, kami memang tidak bisa mendengar di sana ngobrol apa, tapi melihat muka kang Opan saya sudah bikin kami histeris lho... heheee... slewat video call dari handphone yang berbeda, kami pun menghubungi Opat yang ada di jakarta, dan mempertemukan kedua saudara kembar yang terpusah jarak (Opat-Opan) lewat video call dengan handphone yang dihadap-hadapkan layarnya (videocallception). Pertemuan mengharukan lewat videocallception lainnya juga terjadi antara kang Opan dan Aki. Bahkan Raafi sampai sempat mojok lhooo ngobrol bareng kang Opan, duh...adegan yang romantisssss #eh
Raafi sedang ngobrol serius (mojok) dengan Kang Opan lewat video call
Setelah Sulis dan Ratih, juga mbak Rien muncul, acara transaksi buku pun dimulai, dan kebetulan saya membawa titipan dari Lia, member BBI Joglosemar yang sekampung halaman dengan saya, berupa buku2 untuk diberikan ke beberapa member lain. Setelah itu, dimulailah acara tukar kado (timbunan) berbungkus koran dengan Yudha yang membagikan kado-kado tersebut secara acak.
Tukar Timbunan berbungkus koran
Setelah itu, ada juga acara penyerahan Kado Ulang Tahun untuk Mas Tezar yang berulang tahun keesokan harinya dari para member Joglosemar. Baru deh setelah itu makan siang yang ternyata.... ditraktir Kang Opan lhooo.... duh, aku terharu kang Opan yang nun jauh di sana malah nraktir kami. Makasih ya kanggg...... *sodorin Aki buat memberi ciuman terima kasih ke Kango*
Foto mbak Alvina satu2nya. Penyerahan Kado Ultah untuk Mas Tezar. "Ada Dion di antara Vina dan Tezar" *berasa judul sinetron*

Makan siang dari Kang Opan
Foto TIMBUNAN lama di tangan PEMILIK BARU. Juru Foto: Alvina. Ide Foto: mbak Rien
Menjelang sore harinya, ada juga kejadian EPIC lainnya: Gigitan pertama Aice Jagung oleh mbak Lila, yag juga diabadikan dalam foto berikut:
Mbak Lila dan Mbak Cindy bersama Aice Jagung
Acara pun dilanjutkan dengan transaksi FILM, sambil makan makanan mengandung micin yang tinggi, lalu karena sudah sore, acarapun harus berakhir.
Transaksi Film sebelum pulang
Rombongan Jogja dan saya adalah yang terakhir pulang dari rumah Alvina, dan kami pun sempat mampr ke Teras Buku Bookish Patronus, toko buku baru milik Bzee. Setelah itu baru deh acara benar-benar berakhir. Rombongan Jogja ke Stasiun untuk naik Prameks jam 6 sore, sedangkan saya dijemput mas Cabo ke hotel untuk mandi dulu sebelum kencan sampai malam di Solo, hahahaaaa.....
Besoknya pagi hari, baru deh saya pulang naik KA Joglokerto jam 6 pagi, yang lucunya, saya satu gerbong dengan ibu camer yang memang akan ada rapat di Purwokerto, LOL.
Penampilan sudah lusuh, namun tetap eksis di depan Teras Buku Bookish Patronus
Foto narsis terakhir di atas KA Joglokerto sebelum pulang dari kota Solo
Foto mesra Mas Dion dan Mbak Lila yang sedang video call dengan Kango
Foto buku 1984 nya Orwell yang saya baca di kereta menuju Solo. Cuma dapet 30 halaman sihh...hahahaa...
Penampakan UNDANGAN KOPDAR BBI JOGLOSEMAR (versi 2)
Akhir kata, saya ucapkan terima kasiiihhhh untuk mbak Vina yang sudah bermurah hati menyodorkan rumahnya untuk diberantakin, juga untuk makan siang dari Kang Opan, juga untuk kue-kue, jajanan, juga camilan bermicin tinggi yang menemani kopdar entah dari siapa saja, juga untuk timbunan baru saya yang juga entah dari siapa, juga untuk semua teman-teman BBI Joglosemar untuk persahabatan kalian yang luar biasa. I love you all, semoga bisa ketemu lagi di kopdar selanjutnya...

Jumat, 06 Januari 2017

7 Buku Favorit 2016

Yuhuuuu....lama tak jumpa...

Pertama-tama perkenankan saya mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2017, semoga tahun ini gilang-gemilang bagi semua teman-teman yang cemerlang secerah bintang-bitang #halah..

Tahun lalu saya membaca 50 buku. Sedikit memang, itupun karena tahun lalu hectic sekali, dipenuhi berbagai macam drama mulai dari revisian menumpuk, ngejar target ujian dan pendaftaran wisuda, dan yah....gitu deh *malah curhat *maaf ditambah lagi saya suka banget baca fanfiction yang nggak bisa dihitung masuk ke Reading Challenge Goodreads hahahaaaa...

Eniwei, dari 50 buku tersebut, ada 7 yang menurut saya paling BERKESAN saat membacanya. Entah itu karena buku tersebut memang sangat bagus sampai saya hangover berat dan nggak bisa move on setelah baca buku itu, atau buku tersebut sangat unik nggak seperti yang pernah saya baca sebelumnya, atau juga pas saya lagi baper trus baca buku yang bikin baper, trus buku itu bisa bikin saya nangis jadi kesannya buku itu wow banget saat itu...yah, intinya here goes my TOP 7 buku favorit yang saya baca di tahun 2016:


1. To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han
Terus terang saja, saya tidak begitu banyak membaca jenis novel YA kontemporer, namun buku ini menurut saya bisa WOW banget. Ceritanya memang tentang seorang gadis remaja SMA biasa, namun kehidupan sekolahnya tidak dilebay-lebay-kan layaknya kebanyakan buku dengan setting SMA lainnya. Itulah kenapa buku ini ceritanya menurut saya sangat smooth dan realistis. Faktor lain yang mempengaruhi juga banyaknya bagian yang menggambarkan hubungan keluarga yang terpapar gamblang dan sangat nyata, dengan masalah yang...lagi-lagi, tidak terlalu dramatis namun dideskripsikan dengan apik oleh penulis. Jempol banget lah buat novel ini.


2. The Thing About Jellyfish - Ali Benjamin
Ini nih buku anak yang ceritanya nggak kekanak-kanakan. Buku ini berkisah tentang seorang gadis kecil yang dengan keluguannya dan keterbatasan umurnya yang belum dewasa namun sudah harus dipaksa menghadapi permasalahan yang terlalu absurd baginya --- kematian.
Kepedihan dan duka memunculkan dampak yang berbeda bagi masing-masing orang, demikian juga bagi si gadis kecil dalam buku ini. Buku ini sukses membuat saya menangis tersedu-sedu di bagian endingnya yang....yaaa gitu deh, hahahaaa... keren pokoknya buku ini.


3. Harry Potter and the Cursed Child - John Tiffany
Nah...kalau ini termasuk buku yang kontroversial. Kenapa? Pertama, karena buku ini bukan novel, tapi NASKAH DRAMA. Kalau saya bilang sih, membaca buku ini lebih mirip seperti membaca Fanfiction dari Harry Potter Fandom yang Next Generation gituuu.....
Eniwei, banyak sih yang skeptis mengenai bku ini, termasuk saya sebenarnya, hahahaaa... Tapi karena saya sudah terbiasa membaca fanfiction, bisa dibilang saya lebih terbuka menerima kemungkinan cerita Harry Potter kesayangan saya itu di-twist sana-sini, heheeee... Dan satu lagi, sebelum saya membaca ini, saya sudah mempersiapkan mental bahwa buku ini BUKAN tentang Harry, Ron dan Hermione. Buku ini tentang karakter baru, yang mungkin si Golden Trio kesayagan kita itu cuma bakal jadi cameo yang numpang lewat berseliweran dengan manis di beberapa scene saja. Dan tentu saja, jangan berharap Harry dkk akan bertingkah seperti di 7 buku mahakarya itu. maksud saya...plisss ya...ini itu bukan buku HarPot. Seharusnya judulnya diganti saja jadi Scorpius Malfoy and His Traveling Journey Through Time biar nggak misleading. Tapi terlepas dari misleading judul atau tidak, ini buku sempat membuat saya ter-WOW-WOW dengan plot yang sangat tidak bisa diprediksi. Saya yang memang pecinta kejutan saat membaca buku sih sangat puas saat membacanya. Nggak tau kalo mas Anang.


4. The Hundred Dresses - Eleanor Estes
Membaca buku anak-anak itu bagi saya merupakan hiburan yang unik, karena rasanya seperti kembali lagi menjadi anak-anak. Buku ini juga salah satu buku yang bisa membuat saya seperti melihat kembali masa kanak-kanak saya dan melihatnya dari sudut berbeda. Singkat dan sederhana, namun penuh makna adalah kata-kata yang menurut saya sangat pas untuk mendeskripsikan buku klasik ini.


5. Me Before You - Jojo Moyes
Semua orang memiliki hak untuk hidup. Namun, pernahkah kalian mempertanyakan, apakah manusia memiliki hak untuk mati? Well, topik ini masih dianggap tabu di beberapa kebudayaan. Ini adalah hal unik dari buku ini yang saya sangat kagum karena berani diangkat oleh penuls. Sangat kontroversial, namun dikemas dengan apik, menarik, bahkan humoris. Memang saya tidak terlalu sreg dengan tokoh utama wanita di buku ini karena kesannya kok...dipaksa agar unik dan disukai pembaca. Namun tokoh utama pria di buku ini menurut saya digambarkan dengan sangat kuat dan bulat tanpa perlu si tokoh bergerak sedikitpun (pun intended. sorry heheeee). Eniwei, bagi pecinta Happy Ending, jangan baca ini deh...jangan...kecuali kalau mau nangis kejer semaleman *ups


6. Across The Universe - Beth Revis
Pencarian planet baru yang mirip Bumi dan bisa dihuni manusia, memang sudah menjadi pembicaraan menarik dan topik yang selalu menggelitik untuk dieksplor. Novel ini menyuguhkan kisah pencarian planet baru yang layak huni dengan nafas yang berbeda dari cerita sejenis ini. Biasanya, jika membaca cerita dengan tema "pencarian planet", saya tentu langsung membayangkan adegan-adegan semacam di film Interstellar. Namun tokoh utama yang "kebetulan" berada di pesawat luar angkasa ini justru sangat menarik. Bayangkan jika kau dimasukkan ke dalam cairan beku dan berharap terbangun ratusan tahun kemudian ketika sudah berada di planet baru, namun malah terbangun dengan masih berada di pesawat luar angkasa...dengan lama penerbangan yang masih tak terhingga. Ugh...bikin gregetan pokoknya buku ini.


7. The Martian - Andy Weir
Nah ini nih novel sci-fi paling favorit. Penuh science dalam balutan fiksi yang top banget dan penuh humor cerdas. Jujur, kalau disuruh ngobrolin tentang novel yang baguuuuuuussssssss banget, saya justru bingung mau ngomong apa sampe bagusnya, hahahaaaaa..... Yah, intinya sih ini buku terbagus yang saya baca tahun 2016. Tak ada kata yang pantas untuk menggambarkannya #halahhh... Pokoknya BAGUS, BAGUS, BAGUSSSS!!!!!


Sekian sekelumit ocehan saya tentang 7 buku favorit, semoga bisa bermanfaat menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang sedang mencari buku bacaan yang bagus.

See you in the next post! ^_^
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...