Jumat, 06 Januari 2017

7 Buku Favorit 2016

Yuhuuuu....lama tak jumpa...

Pertama-tama perkenankan saya mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2017, semoga tahun ini gilang-gemilang bagi semua teman-teman yang cemerlang secerah bintang-bitang #halah..

Tahun lalu saya membaca 50 buku. Sedikit memang, itupun karena tahun lalu hectic sekali, dipenuhi berbagai macam drama mulai dari revisian menumpuk, ngejar target ujian dan pendaftaran wisuda, dan yah....gitu deh *malah curhat *maaf ditambah lagi saya suka banget baca fanfiction yang nggak bisa dihitung masuk ke Reading Challenge Goodreads hahahaaaa...

Eniwei, dari 50 buku tersebut, ada 7 yang menurut saya paling BERKESAN saat membacanya. Entah itu karena buku tersebut memang sangat bagus sampai saya hangover berat dan nggak bisa move on setelah baca buku itu, atau buku tersebut sangat unik nggak seperti yang pernah saya baca sebelumnya, atau juga pas saya lagi baper trus baca buku yang bikin baper, trus buku itu bisa bikin saya nangis jadi kesannya buku itu wow banget saat itu...yah, intinya here goes my TOP 7 buku favorit yang saya baca di tahun 2016:


1. To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han
Terus terang saja, saya tidak begitu banyak membaca jenis novel YA kontemporer, namun buku ini menurut saya bisa WOW banget. Ceritanya memang tentang seorang gadis remaja SMA biasa, namun kehidupan sekolahnya tidak dilebay-lebay-kan layaknya kebanyakan buku dengan setting SMA lainnya. Itulah kenapa buku ini ceritanya menurut saya sangat smooth dan realistis. Faktor lain yang mempengaruhi juga banyaknya bagian yang menggambarkan hubungan keluarga yang terpapar gamblang dan sangat nyata, dengan masalah yang...lagi-lagi, tidak terlalu dramatis namun dideskripsikan dengan apik oleh penulis. Jempol banget lah buat novel ini.


2. The Thing About Jellyfish - Ali Benjamin
Ini nih buku anak yang ceritanya nggak kekanak-kanakan. Buku ini berkisah tentang seorang gadis kecil yang dengan keluguannya dan keterbatasan umurnya yang belum dewasa namun sudah harus dipaksa menghadapi permasalahan yang terlalu absurd baginya --- kematian.
Kepedihan dan duka memunculkan dampak yang berbeda bagi masing-masing orang, demikian juga bagi si gadis kecil dalam buku ini. Buku ini sukses membuat saya menangis tersedu-sedu di bagian endingnya yang....yaaa gitu deh, hahahaaa... keren pokoknya buku ini.


3. Harry Potter and the Cursed Child - John Tiffany
Nah...kalau ini termasuk buku yang kontroversial. Kenapa? Pertama, karena buku ini bukan novel, tapi NASKAH DRAMA. Kalau saya bilang sih, membaca buku ini lebih mirip seperti membaca Fanfiction dari Harry Potter Fandom yang Next Generation gituuu.....
Eniwei, banyak sih yang skeptis mengenai bku ini, termasuk saya sebenarnya, hahahaaa... Tapi karena saya sudah terbiasa membaca fanfiction, bisa dibilang saya lebih terbuka menerima kemungkinan cerita Harry Potter kesayangan saya itu di-twist sana-sini, heheeee... Dan satu lagi, sebelum saya membaca ini, saya sudah mempersiapkan mental bahwa buku ini BUKAN tentang Harry, Ron dan Hermione. Buku ini tentang karakter baru, yang mungkin si Golden Trio kesayagan kita itu cuma bakal jadi cameo yang numpang lewat berseliweran dengan manis di beberapa scene saja. Dan tentu saja, jangan berharap Harry dkk akan bertingkah seperti di 7 buku mahakarya itu. maksud saya...plisss ya...ini itu bukan buku HarPot. Seharusnya judulnya diganti saja jadi Scorpius Malfoy and His Traveling Journey Through Time biar nggak misleading. Tapi terlepas dari misleading judul atau tidak, ini buku sempat membuat saya ter-WOW-WOW dengan plot yang sangat tidak bisa diprediksi. Saya yang memang pecinta kejutan saat membaca buku sih sangat puas saat membacanya. Nggak tau kalo mas Anang.


4. The Hundred Dresses - Eleanor Estes
Membaca buku anak-anak itu bagi saya merupakan hiburan yang unik, karena rasanya seperti kembali lagi menjadi anak-anak. Buku ini juga salah satu buku yang bisa membuat saya seperti melihat kembali masa kanak-kanak saya dan melihatnya dari sudut berbeda. Singkat dan sederhana, namun penuh makna adalah kata-kata yang menurut saya sangat pas untuk mendeskripsikan buku klasik ini.


5. Me Before You - Jojo Moyes
Semua orang memiliki hak untuk hidup. Namun, pernahkah kalian mempertanyakan, apakah manusia memiliki hak untuk mati? Well, topik ini masih dianggap tabu di beberapa kebudayaan. Ini adalah hal unik dari buku ini yang saya sangat kagum karena berani diangkat oleh penuls. Sangat kontroversial, namun dikemas dengan apik, menarik, bahkan humoris. Memang saya tidak terlalu sreg dengan tokoh utama wanita di buku ini karena kesannya kok...dipaksa agar unik dan disukai pembaca. Namun tokoh utama pria di buku ini menurut saya digambarkan dengan sangat kuat dan bulat tanpa perlu si tokoh bergerak sedikitpun (pun intended. sorry heheeee). Eniwei, bagi pecinta Happy Ending, jangan baca ini deh...jangan...kecuali kalau mau nangis kejer semaleman *ups


6. Across The Universe - Beth Revis
Pencarian planet baru yang mirip Bumi dan bisa dihuni manusia, memang sudah menjadi pembicaraan menarik dan topik yang selalu menggelitik untuk dieksplor. Novel ini menyuguhkan kisah pencarian planet baru yang layak huni dengan nafas yang berbeda dari cerita sejenis ini. Biasanya, jika membaca cerita dengan tema "pencarian planet", saya tentu langsung membayangkan adegan-adegan semacam di film Interstellar. Namun tokoh utama yang "kebetulan" berada di pesawat luar angkasa ini justru sangat menarik. Bayangkan jika kau dimasukkan ke dalam cairan beku dan berharap terbangun ratusan tahun kemudian ketika sudah berada di planet baru, namun malah terbangun dengan masih berada di pesawat luar angkasa...dengan lama penerbangan yang masih tak terhingga. Ugh...bikin gregetan pokoknya buku ini.


7. The Martian - Andy Weir
Nah ini nih novel sci-fi paling favorit. Penuh science dalam balutan fiksi yang top banget dan penuh humor cerdas. Jujur, kalau disuruh ngobrolin tentang novel yang baguuuuuuussssssss banget, saya justru bingung mau ngomong apa sampe bagusnya, hahahaaaaa..... Yah, intinya sih ini buku terbagus yang saya baca tahun 2016. Tak ada kata yang pantas untuk menggambarkannya #halahhh... Pokoknya BAGUS, BAGUS, BAGUSSSS!!!!!


Sekian sekelumit ocehan saya tentang 7 buku favorit, semoga bisa bermanfaat menjadi rekomendasi bagi teman-teman yang sedang mencari buku bacaan yang bagus.

See you in the next post! ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...