Rabu, 23 Januari 2013

REVIEW: The Bliss Bakery#1 by Kathryn Littlewood [Fantasy RC#1]

Paperback, 308 halaman
Diterbitkan oleh: NouraBooks, Mizan Fantasy
ISBN: 978-979-433-690-8
Diterjemahkan oleh: Nadia Mirzha

Pertama kali lihat buku ini di Toga Mas Jogja waktu diskonaan 30% awal tahun, saya memang langsung jatuh cinta sama bentuknya yang imut: cover biru safir dan gambar cupcakes yang bikin ngiler, apalagi pinggiran halamannya yang bener-bener berwarna biru...hmmm, yummy! Jadi penasaran sama pinggiran birunya itu, gimana cara bikinnya yach? Apa dicelupin tinta biru? Mana bling-bling pula... eh, sorry jadi OOT *meringis.

Rosemary (Rose) Bliss adalah anak kedua dari Purdy dan Albert Bliss, pemilik Bliss Bakery di kota kecil bernama Calamity Falls. Rose tahu bahwa orangtuanya menggunakan sihir saat membuat roti, yang menjadikan roti yang dibuat menjadi roti ajaib. Mereka membantu para penduduk Calamity Falls yang sedang tertimpa musibah dengan roti ajaib mereka. Rose bahkan pernah menyaksikan Purdy menangkap petir sebagai salah satu bahan adonan kue! Namun yang menyebalkan adalah Rose tidak pernah dibiarkan membuat sendiri roti-roti ajaib itu, sungguh tidak mengasyikkan! Rose hanya disuruh membeli bahan-bahan biasa seperti mentega, terigu, gula dan telur, tidak pernah menangkap petir atau membotolkan nafas tidur orang yang tidak pernah berbohong. Namun sepertinya kesempatan membuat sendiri roti-roti ajaib itu datang saat orangtuanya pergi ke luar kota selama seminggu penuh!

Kakak lelaki Rose yang bernama Thyme (Ty) adalah remaja yang luar biasa tampan, sedangkan adik lelakinya Sage yang sangat mirip dengan Ty sangat lucu, sedangkan Leigh, adik perempuannya yang masih balita memang sangat menggemaskan. Diantara keempat kakak beradik keluaga Bliss, tidak mungkin orang akan melirik Rose yang biasa-biasa saja. Rose merasa bahwa dirinya tidaklah cantik, tidak anggun, tidak pintar, dan tidak berkuasa. Tidak istimewa. Ketika orangtua mereka pergi ke luar kota selama seminggu, seorang wanita cantik, tinggi, anggun dan pintar datang ke kediaman keluarga Bliss dan mengaku sebagai Bibi Lily, sepupu keempat Purdy. Ty dan Sage langsung jatuh hati pada bibi mereka yang mempesona itu. Dan dengan segera, Bibi Lily mengambil alih tugas dapur seperti memasak dan membuat kue, dan juga menjaga anak-anak keluarga Bliss. Hanya Rose yang mencurigai Bibi Lily, namun Ty dan Sage tidak bisa diajak kompromi.

Keluarga Bliss memiliki sebuah buku resep ajaib yang telah dimiliki secara turun-temurun yang bernama Bliss Cookery Booke. Buku tersebut disimpan di sebuah ruang rahasia yang hanya bisa dibuka oleh kunci yang dikalungkan di leher Rose. Rose telah berjanji untuk menjaga buku resep itu, namun godaan buku resep itu membuatnya dan kedua saudara lelakinya (lebih tepatnya atas bujukan dua saudara lelakinya) bereksperimen dengan beberapa resep ajaib yang ada seperti Muffin Asmara dan Cookie Kebenaran. Dan apa jadinya jika resep ketiga yaitu Cake Pemutar Balik Keadaan Seutuhnya terlanjur dibagikan ke seluruh Calamity Falls dan membuat sluruh kota jadi kacau balau? Untungnya Bibi Lily yang cekatan bisa mengatasi keadaan ini dengan Torte Blackberry Balik Ke Dulu. Namun, ups! Sage terlanjur menyerahkan kunci ruang penyimpanan Bliss Cookery Booke pada Lily! Akankah kecurigaan Rose pada Bibi Lily terbukti benar?

Ceritanya sangat ringan dan menghibur, sangat cocok untuk bacaan anak-anak. Sepertinya jika buku ini dijadikan film akan sangat lucu dan mengesankan. Saya kasih 3,4 bintang dech! Soalnya mungkin karena saya sudah bukan anak-anak lagi, jadi kurang menkmati buku ini, hahaaaa pendapatnya bias banget yach. Tapi kalau saya masih remaja pasti bisa lebih menikmati buku ini dech, ceritanya cukup bagus soalnya. Idenya juga keren, soalnya setelah baca ini langsung pengen masuk dapur buat bereksperimen dengan cupcakes dan cookies, yang benar-benar saya lakukan lhow!!! huahahaaa... ;p Errr, by the way, udah dulu yach, soalnya saya jadi tiba-tiba punya hasrat untuk bikin pancake yang dimakan pake syrup maple atau es krim vanilla, mmm yummy! XD

Oh ya, untuk review singkat saya di Goodreads, bisa dilihat di sini.

Adios *dadah*

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...