Sabtu, 11 Juni 2016

The Lottery by Shirley Jackson [review]

Title: The Lottery
Author: Shirley Jackson
30 pages, e-book version in English
First published: 1990
Genre: Thriller
My rating: 3/5

Sekelompok orang di suatu kota berkumpul untuk menarik lotere tahunan. Wajar kan? Toh lotere ini diadakan setiap tahun. Semua orang akan menarik lotere dari dalam sebuah kotak hitam tua yang sepertinya sudah saatnya diperbarui karena cat hitamnya bahkan sudah mengelupas di mana-mana dan tidak berwarna hitam lagi.

Penarikan lotere dilakukan dengan menarik kertas dari dalam kotak hitam tersebut untuk mewakili keluarga masing-masing, dengan kepala keluarga sebagai yang bertanggung jawab menariknya. Lalu sang keluarga terpilih akan menarik ronde penarikan lotere kedua untuk mengambil keputusan akhir. Untuk apa? Itulah pertanyaan besarnya yang akan terjawab setelah kau selesai membaca kisah ini.

Sama seperti cerita Shirley Jackson sebelumnya yang saya baca, cerita ini juga berhasil memukau saya dengan kegilaan dan ketegangannya yang tidak jelas, heheheee.... sepertinya ini adalah ciri khas si penulis, memikat pembaca dengan misteri namun misterinya bahkan tidak dijelaskan secara gambalang. Segalanya dalam cerita ini tersirat dalam narasi dan dialog para tokohnya.

Setelah membaca dua cerita Shirley Jackson, saya menangkap ada kesamaan tema dalam keduanya. Kedua kisah tersebut sama-sama menggambarkan "masyarakat" dan "perubahan yang sulit diterima". Meski penceritaannya didramatisir dengan sangat ajaib, namun sepertinya Shirley mencoba melemparkan kritik tajam terhadap masyarakat pada umumnya. Yeah, mungkin lho...ini sih cua analisis asal-asalan saya, heheheee....

Eniwei, saya cukup menikmati membaca kisah-kisah yang ditulis Shirley Jakson. Dan masih punya dua timbunan karya beliau juga, asyiiiik.....siap-siap menggila dan merinding kejang-kejang lagi ahhhh baca cerita selanjutnya ;p

See you in the next post ^_^

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...