Rabu, 23 Mei 2012

Harry Poter and the Order of the Phoenix (J.K. Rowling)


Setelah menyaksikan kebangkitan musuh bebuyutanya, Lord Voldemort, sekaligus kematian salah satu temannya, Cedric Diggory, Harry tidak bisa tinggal diam. Namun apa daya jika dirinya terpaksa harus tinggal di kediaman keluarga Dursley selama musim panas. Keanehan mulai terjadi ketika ada dua Dementor menyerang Harry dan sepupunya Dudley di Little Winging. Siapa yang mendalangi penyerangan tersebut?

Orde Phoenix, organisasi rahasia bentukan Albus Dumbledore muncul ke permukaan. Mereka pertama kali tampil ketika menjemput Harry dari Privet Drive ke markas besar mereka di London. Keluarga Weasley, Sirius Black dan Remus Lupin yang merupakan anggota Orde Phoenix pun mendapat jatah kemunculan yang lebih banyak di buku ini.

Sedikit banyak, buku kelima memang menyentuh masalah politik. Terlihat jelas perebutan kepentingan antara pihak Kementrian Sihir dengan Cornelius Fudge sebagai Menteri Sihir dan organisasi Orde Phoenix di bawah pimpinan Albus Dumbledore. Cornelius Fudge bahkan menempatkan bawahanya yang bernama Dolores Umbridge sebagai guru baru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam di Hogwarts. Namun apa jadinya jika guru tersebut malah melarang murid-murid menggunakan sihir? Harry, dibantu Hermione pun bertindak. Dia membentuk sebuah klub murid untuk berlatih sihir secara intensif di sebuah ruang rahasia, yang dinamakan Dumbledore’s Army.

Buku ini memang sangat tebal, namun isinya tidak sepadat buku sebelumnya, tapi tetap saja enak dibaca. Dan kematian salah satu tokoh penting di buku ini-pun sempat membuat saya “mrebes mili” saat membacanya. Saya juga masih ingat masa penantian panjang menunggu terbitnya buku ini, hehe... Anyway, ketika membaca buku ini, saya sudah mulai membacanya dari yang English Version. Dan sedikit banyak saya memang membandingkan dengan yang versi terjemahan Bahasa Indonesianya. Dan terus terang, saya berani mengacungi 4 jempol buat penerjemahnya, karena hasil terjemahannya, tidak seperti buku-buku terjemahan pada umumnya, benar-benar bagus ^_^

Enjoy!

-Love, Ika-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...