Selasa, 22 Mei 2012

The Last Lecture by Randy Pausch


Terus terang, butuh waktu lamaaaaaaaa.....banget untuk menyelesaikan buku tipis ini. Ternyata mengurus masalah thesis benar-benar membuat jadwal membacaku berantakan. hahaaa...

Anyway, si penulis buku ini, Randy Pausch, seorang College Professor di Carnegie Mellon University memberikan "Last Lecture" nya untuk umum saat dia didiagnosa mengidap pancreatic tumor, yang akhirnya juga ditulis dalam buku ini.

Buku ini berisi perjalanan hidup Randy dari kecil hingga saat dia akan membuat kuliah umum "Last Lecture" itu. Sebenarnya ceritanya tidak tepat dari awal sampai akhir layaknya Autobiografi, tapi lebih seperti kata-kata mutiara, tips dan trik menghadapi masalah, dan contoh langsung dari pengalaman Randy tentang cara menghadapi masalah tersebut. Agak seperti buku motivasi memang, namun bedanya, Randy memotivasi pembaca lewat kisah hidupnya yang unik.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa buku ini lebih seperti buah "kenarsisan" si penulis yang menyombongkan betapa menyenangkannya hidupnya, meski singkat, dan bagaimana dia bisa menggapai semua impiannya tanpa cela.
Namun menurut saya, si penulis hanya ingin memberi contoh, a desperate attempt before his death, bahwa dia bisa meninggalkan sesuatu yang berharga, dan berguna bagi anak-anaknya dan bagi orang kebanyakan. Dan, apalagi yang lebih jujur daripada kisah hidup sendiri untuk dipetik pelajaran oleh orang lain?

Well, intinya, jika kamu merasa putus asa, dan sedang kehilangan harapan hidup *senyum jahil*, membaca buku ini sangat disarankan ^_^

More info about this book

-XOXO, Ika-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...